anak gampang sakit

Penyebab Anak Gampang Sakit yang Perlu Orang Tua Ketahui

Anak adalah sebuah rejeki yang diyakini oleh sebagian orang merupakan titipan dari Tuhan. Di mana harus dirawat dengan baik hingga si anak mampu bertahan hidup mandiri. Namun terkadang masih saja ada orang tua yang lalai dalam merawat anak. Kemudian berimbas pada kesehatannya secara fisik dan batin dan membuat anak gampang sakit. Banyak orang tua yang menerapkan system mendidik anak yang salah, antara lain adalah:

  1. Terlalu khawatir anak terkena bakteri kemudian memberikan sabun anti bakteri secara berlebihan setiap hari.
  2. Melarang anak untuk bermain atau berinteraksi dengan hewan.
  3. Berlebihan dalam hal kebersihan, walaupun kebersihan juga penting. Namun menerapkan rumah terlalu bersih juga menjadi kendala.
  4. Melarang anak bermain diluar rumah agar terhindar dari kotornya tanah dan udara.
  5. Jarang membuka jendela karena khawatir udara diluar buruk bagi anak yang kemudian menggantinya dengan air conditioner (AC) pada seluruh ruangan.

Anak gampang sakit memang sebagian besar dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Niatnya ingin membuat anak terjaga dengan baik namun malah berlebih dalam menerapkan pola asuh yang merugikan kesehatan anak.

Kapan anak bisa disebut gampang sakit? Biasanya disebut anak gampang sakit jika dalam kurun waktu 1 tahun bisa bolak balik ke dokter karena sakit sebanyak 8-12 kali. Mendampingi anak yang beranjak tumbuh dan berkembang memang diwajibkan orang tua untuk memiliki bekal ilmu sebelumnya. Agar tidak merugikan masa depan anak.

Solusi agar Anak Tidak Gampang Sakit

Mendampingi anak tumbuh kembang memang gampang-gampang susah. Memang akan melelahkan namun jangan pernah mengabaikan tumbuh kembang anak. Karena anak gampang sakit bisa disebabkan oleh banyak faktor. Bisa karena makanan yang diberikan dan dikonsumsi setiap hari atau juga bisa karena faktor lingkungan buruk.

Tubuh anak yang baru lahir hingga dia mencapai usia 3 tahun memang masa-masa pembentukan. Kekebalan tubuh anak baru lahir belum berkembang dengan sempurna. Oleh karenanya, tugas orang tua adalah mendampingi tumbuh kembang anak agar maksimal. Dimulai dengan apa yang akan dikonsumsi anak setiap hari. Pastikan anak tercukupi kebutuhan gizi dan nutrisi pada tubuhnya. Anak yang kekurangan gizi memang lebih rentan mudah terserang berbagai macam penyakit.

Anak gampang sakit memang membutuhkan asupan makanan baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak. Vitamin untuk anak juga sangat penting untuk diberikan, sebab vitamin meningkatkan kekebalan tubuh lebih baik. Kekurangan vitamin juga sama buruknya dengan jarang beraktifitas seperti olahraga.

Jika banyak orang tua yang hanya mengerti baik dan buruk dalam mendidik anak, tentunya anak tidak akan berkembang dengan maksimal. Pola asuh orang tua memang menjadi faktor terbesar dalam kesehatan anak. Membiasakan anak sejak dini untuk rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat merupakan langkah awal yang baik.