anak tidak suka sayur

Akibat Anak Tidak Suka Sayur Bisa Mengganggu Kesehatannya Lho

Ketika anak susah makan dan ditambah tidak menyukai sayur-sayuran maka yang perlu untuk Bunda lakukan adalah menemukan cara agar anak mau makan. Pola makan sehat menjadi hal yang paling penting. Akibat anak tidak suka sayur dapat berisiko mengalami penyakit obesitas. Dan obesitas sendiri bisa memicu berbagai macam penyakit bermunculan.

Dengan begitu membiasakan sejak dini pada anak untuk mengkonsumsi sayuran merupakan hal yang paling penting. Jadi, apa penyebab anak tidak suka sayur? Bisa jadi karena orang tua menerapakan pola makan yang salah sejak dini, kepekaan sensori pada anak dan kurangnya mengenalkan jenis-jenis makanan untuk anak.

Menerapkan pola makan sehat pada anak sejak dini merupakan langkah bagus dalam mendampingi tumbuh kembang anak. Beberapa dampak buruk yang bisa terjadi ketika anak sejak kecil sudah sulit atau jarang makan sayur antara lain:

  1. Bermasalah pada berat badan
  2. Pencernaan terganggu
  3. Kurang gizi dan nutrisi
  4. Susah dalam mengingat
  5. Gampang sakit
  6. Lebih rentan stress
  7. Penyakit mudah masuk
  8. Otot akan lebih sering kram
  9. Mudah terkena infeksi
  10. Gampang capek atau lelah

Mengenalkan jenis-jenis sayuran dan buah sejak dini pada anak akan menghindarkan dampak anak tidak suka sayur. Pentinganya mengenalkan makanan yang akan dikonsumsi anak untuk jangka waktu panjang akan terekam pada memori anak sehingga anak akan paham dan mengerti.

Manfaat Makanan Sehat

Langkah yang paling sederhana bisa dimulai dengan menawarkan semua jenis sayuran yang ada. Misalnya menyajikan beberapa jenis sayuran sekalian mengenalkan pada anak. Menyuruh anak untuk makan sayur tidak akan sulit jika Bunda paham betul cara terbaik untuk memberikannya pada si kecil. Jika anak bereaksi berlebihan seperti mengkonsumsi sayuran maka langkah yang paling tepat adalah untuk terus memberikan pengertian pada anak. Kuncinya adalah jangan pernah menyerah dalam mendampingi pola makan anak.

Terkadang ada orang tua yang kurang sabar dan sedikit melakukan cara curang seperti menyembunyikan sayuran pada sela nasi atau lauk pauk. Ini justru akan mempersulit Bunda dalam berusaha membuat anak menyukai sayur. Jadi bisa dipastikan hal itu bisa menjadi faktor anak tidak suka sayur.

Selain itu, ada juga langkah yang dapat meringankan usaha Bunda untuk anak bisa menyukai sayuran. Yaitu bisa dengan membuat kreasi makanan yang disenangi anak. Bisa dengan membuat bekal atau menu makanan sehari-hari dalam bentuk yang bervariasi, seperti berbentuk hewan dan buah. Memberikan pujian saat anak makan makanan yang dihidangkan juga menjadi alternative lain yang bisa diterapkan. Memuji dapat meningkatkan rasa percaya diri dan menghindarkan dari anak tidak suka sayur.