Inilah yang Harus Dilakukan Saat Anak Mengalami Luka Bakar

Luka bakar menjadi sesuatu hal yang berisiko dan berbahaya. Karena dapat merusak jaringan tubuh sebab adanya kontak secara langsung pada sumber yang sangat. Penyebab dari luka bakar bisa beragam, mulai dari air panas, bara maupun kobaran api, uap panas, bahan-bahan kimia hingga radiasi. Banyak sekali yang dapat menjadi penyebab luka bakar.

Pada siapapun luka bakar akan menjadi hal yang berbahaya, terutama untuk anak-anak. Mengenali jenis-jenis luka bakar yang terjadi pada anak menjadi langkah pertama yang orang tua harus lakukan. Karena kulit anak-anak lebih tipis dibandingkan orang yang sudah dewasa. Sehingga resikonya pun juga lebih besar anak-anak dibandingkan orang dewas.

Setelah mengenali luka bakar yang terjadi pada anak, maka selanjutnya tidak akan sulit dalam mengatasinya. Tapi juga perlu diingat bahwa luka bakar pada anak bisa dalam tingkatan kegawatan yang berbeda-beda. Yaitu tergantung pada seberapa parahnya lapisan epidermis yang terluka akibat luka bakar tersebut. Luka bakar bisa menjadi sangat serius jika tidak segera di atasi dengan tepat. Terlebih lagi dalam mengatasi luka bakar pada anak harus di atasi dengan cepat.

Pertolongan Pertama pada Luka Bakar yang Benar

Berikut cara mengenali dan jenis dari yang paling ringan hingga yang terparah pada luka bakar:

  • Luka bakar akibat panas

Luka bakar yang sering terjadi pada anak biasanya disebabkan oleh air panas atau uap panas. Pertolongan pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyiram area luka bakar dengan air bersih terlebih dahulu.

Selanjutnya menutup bagian luka dengan dibalut kain bersih atau bisa dengan kasa dingin selama kurang lebih 15 menit. Yang terpenting jangan menggunakan es untuk mengompresnya. Cukup menggunakan air dingin saja.

  • Luka bakar akibat elektrik atau sengatan listrik

Luka bakar jenis ini harus segera mendapatkan pertolongan langsung oleh dokter. Karena luka bakar jenis ini membakar seluruh tubuh anak sehingga membutuhkan pertolongan medis dan harus mendapatkan perawatan yang tepat dalam mengatasinya.

Jadi untuk pertolongan pertama yang perlu dilakukan dengan jenis luka bakar karena disebabkan oleh sengatan listrik bisa langsung membawa si kecil ke rumah sakit.

  • Luka bakar akibat kimia

Pertolongan pertama untuk luka bakar yang disebabkan oleh kimia perlu menggunakan sarung tangan dan kacamata ketika menolong anak. Karena kimia dapat menimbulkan dampak seperti racun sehingga membutuhkan tindakan khusus untuk mengatasinya. Kemudian segera hubungi pihak rumah sakit untuk memberikan bantuan.

Sembari menunggu bantuan dari rumah sakit, pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah dengan melepaskan semua pakaian anak jika saja terkontaminsi dengan kimia. Lalu mulai bilas seluruh kulit tubuh dan mata anak dengan air mengalir selama kurang lebih 20 menit.

Jika luka bakar pada anak tidak terlalu parah atau tidak meluas pada area lapisan epidermis anak, bisa di atasi dengan memberikan air mengalir pada area luka bakar kurang lebih 10-15 menit seperti yang sudah disebutkan di atas.

Dan apabila anak terserang luka bakar yang sangat parah seperti menyebabkan anak tidak sadarkan diri, anak kesulitan untuk bernafas, luka bakar mengenai area muka hingga mata anak dan terkena pada luka lain pada tubuh anak, maka harus segera membawa anak ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) agar mendapatkan perawatan. Semakin cepat mendapatkan perawatan semakin baik.