Cara Mengajarkan Anak TK Membaca

cara mengajarkan anak tk membaca

Baca tulis adalah hal yang mendasar untuk anak-anak,lalu bagaimana cara mengajarkan anak tk membaca. Sebagai orang tua, mengandalkan anak belajar baca tulis hanya di sekolah saja tidaklah cukup. Karena mengajari anak membaca dan menulis bisa anda lakukan di rumah. Untuk mengasah daya ingat dan memudahkan anak cepat belajar. Karena untuk waktu sekarang ini, sekolah-sekolah menuntut anak memiliki kemampuan baca tulis dengan baik.

Jadi orang tua tidak dapat mengandalkan hanya dari sekolah saja agar anak dapat membaca dan menulis dengan lancar. Apalagi untuk anda yang tengah memiliki anak yang sedang masuk taman kanak-kanak. TK atau taman kanak-kanak ini merupakan langkah awal anak mulai belajar banyak hal. Cara mengajarkankan anak tk membaca memang cukup menguras kesabaran.

Karena anak-anak yang sedang memasuki masa sekolah untuk pertama kali biasanya hanya menginginkan bermain dan bermain. Jadi membutuhkan strategi dalam mengajarkan anak tk untuk membaca. Biasanya para guru di TK akan mengajarkan yang paling dasar dan hanya bagian-bagian tertentu saja.

Banyak anak yang harus diajarkan kerap membuat para guru tidak maksimal dalam memberikan pengajaran. Jadi peran orang tua di rumah sangat menentukan anak tumbuh dan berkembang. Jika anda tidak bergerak dan aktif mengajarkan anak, maka tidak heran jika anak anda lambat membaca atau bahkan lambat dalam segala hal.  4 cara di bawah ini sangat membantu anda dalam mengajarkan anak membaca, antara lain adalah:

  1. Bernyanyi

Sering mengajak anak bernyanyi dapat melatih daya ingat anak lebih peka terhadap sesuatu. Tentunya dapat membuat kosa kata anak menjadi lebih banyak. Jika anak memiliki kosa kata yang banyak biasanya mereka akan lebih mudah memahami suatu tulisan atau bacaan. Jadi mengajak anak banyak bernyanyi secara tidak langsung dapat mengajarkan anak membaca dengan cepat, tentu aktifitas menyanyi sangat menyenangkan.

  1. Dongeng

Berikan cerita-cerita menarik yang dapat menarik perhatian si kecil. Bisa dengan sering membacakan cerita sejarah atau buku-buku lucu yang membuat anak tertawa. Melatih anak untuk banyak mendengar dapat merangsang otak anak lebih peka terhadap kata-kata. Cara ini juga dipercaya dapat memperkaya kosa kata anak.

  1. Tidak lama dalam belajar

Otak akan lelah jika anak-anak selalu dijejali dengan aktifitas belajar di dalam ruangan yang harus dituntut diam. Otak akan stress dan bisa berdampak dalam proses belajarnya. Jadi, mengajarkan sesuatu pada anak lebih baik tidak lama, salah satunya dalam mengajarkan anak membaca. Waktu yang efektif untuk anak belajar adalah 15-20 menit saja. Jadi tidak perlu menerapkan waktu belajar yang berjam-jam pada anak.

  1. Belajar setiap hari

Usahakan anak memiliki waktu belajar yang singkat namun rutin setiap hari. Karena ketika anak memiliki jadwal yang berantakan untuk belajarnya, maka anda akan kesulitan dalam mendampingi anak belajar. Jadi membiasakan anak belajar singkat namun setiap hari merupakan langkah yang tepat. Disamping menciptakan suatu kebiasaan yang baik pada anak, belajar setiap hari juga mampu melatih daya ingat anak sampai sejauh mana.

Nah, 4 cara diatas cukup membantu anda dalam menerapkan sistem belajar yang menyenangkan. Masih banyak metode atau cara lain yang bisa anda coba. Temukan cara paling pas untuk mengajarkan anak belajar membaca dan menulis. Karena akan lebih mudah jika anda sudah menemukan cara yang pas dan tepat untuk menerapkannya pada anak.